Events

Preserve

Hi Creatives!

Terima kasih telah bersedia mengikuti kegiatan Creativemornings dengan tema Preserve. Semoga acara ini bisa bermanfaat dan kalian makin semangat dan kreatif dalam berkarya.

Untuk menunjang kegiatan Creativemornings, CMYK,sebagai sponsor utama Creativemornings Bandung, menawarkan kebutuhan sertifikat terutama bagi para mahasiswa. 

Sertifikat dapat dipesan dengan cara meng"click" join now pada laman ini. Kemudian, 15 menit sebelum acara dimulai, teman teman dapat datang ke panitia untuk konfirmasi pemesanan sertifikat. Cara ini terbukti ampuh, untuk menghilangkan antrian pemesanan sertifikat sebelum dan sesudah acara

Pastikan baca syarat dan ketentuan di bawah ini sebelum melakukan pemesanan sertifikat. Sampai bertemu!!

 

02 October 2019

Memahami Kreativitas

Sejalan perkembangan teknologi dan sosial, format startup seringkali dipilih untuk mengembangkan bisnis suatu institusi dengan harapan dapat membuat perubahan positif dengan skala yang membesar, sehingga diarahkan untuk dapat membuat disrupsi yang progresif dalam kegiatan bermasyarakat.  

Banyak pengalaman yang dinyatakan oleh tokoh startup dunia, bahwa proses yang bersifat Trial and Error adalah sebuah ritual yang dianggap perlu dalam merintis sebuah startup. Kecepatan dan kemampuan untuk berubah menjadi kekayaan bagi startup. Sifat startup yang cair dan dinamis itu, tentunya sulit diadopsi pada institusi yang kaku dan birokratis. Untuk bisa terus berkembang, startup harus bisa menjadikan proses berkreasi sebagai budaya sehari-hari. 

Oleh karenanya, kreativitas berperan sebagai stimulator dalam proses startup untuk menemukan konsep dan identitas, agar bisa menghasilkan produk yang disruptif dan bermanfaat. Keberanian, keterbukaan, kebersamaan dan keyakinan adalah sebagian kecil kata sifat yang diperlukan dalam proses kreatif. Memahami makna kreativitas secara sederhana, terbuka dan kontekstual diharapkan dapat menghasilkan pemahaman yang lebih holistik, sehingga kreativitas bukan hanya berperan sebagai kemampuan tapi juga dapat membentuk "mind-sight".

Dalam kegiatan kali ini, kang Eka hendak membagikan pemikiran terkait kreativitas untuk umum, khususnya dengan para pelaku startup di Bandung. Pada seminar, yang bertajuk “Memahami Kreativitas: Menciptakan Ide dalam Berbisnis”, kang Eka akan memberikan pemaparan dan berdiskusi tentang kreativitas dalam konteks yang utuh, termasuk tentang cara memandang kreativitas secara inklusif, sehingga dapat menghidupkan kembali pernyataan "Setiap Orang Harus Kreatif".

12 May 2019

Redefinisi : Desain

Seperti pada kegiatan Baper 2018, dimana kegiatan pameran karya diikuti dengan workshop dan seminar tentang DESAIN dan manfaatnya, Baper 2019, panitia menyediakan kegiatan workshop dan pelatihan, dengan DEFINISI DESAIN. Apabila kita meyakini bahwa Desain adalah sebuah proses, maka siapa yang boleh melakukan Desain? Apakah Desain bersifat eksklusif yang dimiliki oleh segelintir orang yang memiliki profesi tertentu, atau bagaimana Desain seharusnya bisa menjadi inklusif? Bagaimana hubungan langsung antara Desain dan Kreativitas? Temukan jawabannya di workshop redefinisi Desain oleh Eka Sofyan Rizal. Mengingat terbatasnya ruangan, Kegiatan ini diprioritaskan bagi panitia, mentor dan perwakilan universitas yang terlibat di kegiatan Baper 2019. Kehadiran acara ini bersifat undangan dan tidak berbayar.  Mohon diPERHATIKAN, bahwa untuk melakukan registrasi paling lambat hari Rabu 17 April 2019 pukul 23.59. Apabila kapasitas kursi masih ada, maka panitia akan membagikan kepada yang membutuhkan bagi mereka di luar kegiatan Baper 2019.

15 April 2019

Embroidery Class

Hai teman-teman Kreatif!

CMYK mau mengadakan workshop embroidery nih! Dalam  “Craftsmanship Class” kali ini kalian akan diajak untuk mengenal basic dari embroidery, yang langsung diaplikasikan diatas clutch dan nantinya dapat kalian bawa pulang!  yuk menyulam, membuat pompom dan mengeksplor warna. 

Bersama @puka_id dan kakak @enyolathifah, kami akan memandu teman-teman menghias clutch dengan embroidery yang baik hasil karya kalian sendiri :)) 

Ayo mendaftar sebelum kehabisan! hanya untuk 10 seat saja! Ditunggu hari sabtu yaaa
 

#2019LebihKreatif
#2019LebihProduktif
 

19 March 2019

WATER

Hi Creatives!

Terima kasih telah bersedia mengikuti kegiatan Creativemornings dengan tema Water. Semoga acara ini bisa bermanfaat dan kalian makin semangat dan kreatif dalam berkarya.

Untuk menunjang kegiatan Creativemornings, CMYK,sebagai sponsor utama Creativemornings Bandung, menawarkan kebutuhan sertifikat terutama bagi para mahasiswa. 

Sertifikat dapat dipesan dengan cara meng"click" join now pada laman ini. Kemudian, 15 menit sebelum acara dimulai, teman teman dapat datang ke panitia untuk konfirmasi pemesanan sertifikat. Cara ini terbukti ampuh, untuk menghilangkan antrian pemesanan sertifikat sebelum dan sesudah acara

Pastikan baca syarat dan ketentuan di bawah ini sebelum melakukan pemesanan sertifikat. Sampai bertemu!!

17 March 2019

Photography for Social Media

Visual adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah produk/karya karena visual menampakan gambaran/wujud yang bisa kita nilai dengan melihat. Fotografi adalah contohnya, fotografi dapat menampilkan visual suatu karya/produk. Bukan hanya sekedar dijadikan hobi, di era digital seperti saat ini, Fotografi sudah menjadi gaya hidup, dan menjadi aspek penting di dunia Industri, khususnya Industri Kreatif.

Dalam media sosial, fotografi juga berperan penting dalam menciptakan "Brand". Fotografi dapat membentuk sudut pandang, warna, karakteristik hingga target audiens suatu Brand. Dengan memahami teknik-teknik dasar fotografi, kita bisa membuat brand kita lebih baik dan menarik secara visual.

Fitra Sujawoto, membangun @redwhitephoto dari 2014. Pernah mengajar sebagai dosen di Universita Brawijaya di tahun 2012-2014. Mulai menekuni fotografi sejak SMA di Malang, dan berlanjut hingga kuliah di Universitas Padjajaran. Pernah menjadi fotografer dokumenter, dan sekarang aktif mengembangkan Bisnis fotografinya @redwhitephoto.

11 March 2019

Symmetry Certificate

Terima kasih sudah mengikuti acara Creativemornings dengan tema "Symmetry" 

untuk peserta event yang memesan sertifikat dan belum join pemesanan sertifikat mohon klik tombol join dibawah untuk mengungari kesalahan penulisan nama pada sertifikat

apabila ada yang kurang dimengerti harap konfirmasi melali WA kami 085102986767 

10 March 2019

Surreal

Hi Creatives!

Terima kasih telah bersedia mengikuti kegiatan Creativemornings dengan tema Surreal. Semoga acara ini bisa bermanfaat dan kalian makin semangat dan kreatif dalam berkarya.

Untuk menunjang kegiatan Creativemornings, CMYK,sebagai sponsor utama Creativemornings Bandung, menawarkan kebutuhan sertifikat terutama bagi para mahasiswa. 

Sertifikat dapat dipesan dengan cara meng"click" join now pada laman ini. Kemudian, 15 menit sebelum acara dimulai, teman teman dapat datang ke panitia untuk konfirmasi pemesanan sertifikat. Cara ini terbukti ampuh, untuk menghilangkan antrian pemesanan sertifikat sebelum dan sesudah acara

Pastikan baca syarat dan ketentuan di bawah ini sebelum melakukan pemesanan sertifikat. Sampai bertemu!!

09 March 2019

CAKETERCOLOR - Basic Watercolo...

Hello Creatives! CMYK kembali mengadakan workshop watercolor. Masih ingat voting kemarin tentang pilihan obyek lukisnya? Cake memenangkan voting kali ini.

Obyek ini sangat mewakili berbagai teknik dasar cat air, yang nantinya akan bisa kamu kembangkan ke obyek lain loh. Penasaran ingin belajar?

Ilustrator muda berbakat @gallecy & @handmadememory akan membantu kamu membuat karya watercolor yang baik dengan teknik dasar cat air.

07 March 2019

Symmetry

Hi Creatives!

Terima kasih telah bersedia mengikuti kegiatan Creativemornings dengan tema Symmetry. Semoga acara ini bisa bermanfaat dan kalian makin semangat dan kreatif dalam berkarya.

Untuk menunjang kegiatan Creativemornings, CMYK,sebagai sponsor utama Creativemornings Bandung, menawarkan kebutuhan sertifikat terutama bagi para mahasiswa. 

Sertifikat dapat dipesan dengan cara meng"click" join now pada laman ini. Kemudian, 15 menit sebelum acara dimulai, teman teman dapat datang ke panitia untuk konfirmasi pemesanan sertifikat. Cara ini terbukti ampuh, untuk menghilangkan antrian pemesanan sertifikat sebelum dan sesudah acara

Pastikan baca syarat dan ketentuan di bawah ini sebelum melakukan pemesanan sertifikat. Sampai bertemu!!

04 March 2019

Branding for Beginner

Apa sih yang dimaksud dengan Brand? Mungkin sebagian orang masih memahami brand sebatas merk saja. Brand bukan hanya sebatas merk, tapi segala sesuatu yang dapat dilihat, dirasakan oleh konsumen terhadap suatu produk/jasa. Merek, logo, kesan, hingga citra suatu produk/jasa membentuk sebuah Branding. 

Namun, masih banyak pelaku industri yang masih belum memahami pentingnya peran Branding di dunia Industri, serta banyak yang masih miskonsepsi tentang apa itu Branding. Di dunia industri yang semakin kompetitif, pelaku industri dituntut lebih peka dalam mengetahui apa yang menjadi masalah di masyarakat, dan memecahkan masalah dengan menciptakan suatu Produk/Jasa.

Wirania Swasty, Dosen juga penulis buku yang cukup aktif menulis di berbagai artikel ilmiah maupun popular. Salah satu buku teks yang pernah ditulis adalah “Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek”, terbit tahun 2016 lalu. Lulusan Institut Teknologi Bandung ini pernah mendirikan studio desain dan bekerja di bisnis retail. Bidang kajian yang diminati adalah warna, branding dan packaging. Saat ini beliau sedang merancang materi Branding untuk metode pembelajaran jarak jauh.

Dalam workshop ini, kita akan mengupas tuntas apa itu Branding dan Peran Branding dalam Dunia Industri.

25 February 2019

Introduction of Caption Writin...

Sering gak sih ketika mau post foto di sosial media, bingung nulis captionnya? Terkadang, apa yang difoto gabisa kita tuangkan ke dalam tulisan. Padahal dari tulisan/caption itu bisa menambah value foto itu sendiri dan menarik orang untuk melihat post-mu. Di era media sosial, tulisan di dinding digitalmu bisa menjadi cerita, informasi, bahkan menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan.

Gimana sih buat tulisan kita menjadi lebih menarik untuk dibaca dan tidak hanya sekedar menjadi pelengkap di setiap post media sosial kita?

Syarif Maulana lahir di Bandung, 30 November 1985. Artikel pertamanya dimuat pada tahun 2004 di Tabloid BOLA rubrik Opini dengan judul “Salut Manajemen Juventus”. Dalam beberapa tahun terakhir ini, Syarif rajin menulis untuk rubrik Selisik di HU Pikiran Rakyat, media daring ligaolahraga.com, voxpop.id, juara.net, bolasport.com, artspace.id, kabarkampus.com serta football-tribe.com dengan tema umumnya seputar filsafat, sepakbola, dan kehidupan keseharian. Tulisan-tulisan Syarif juga dapat dibaca di blog pribadinya, syarifmaulana.com.

Yuk, kita tuangkan ide dan inspirasi kita dengan menulis di Workshop “Introduction of Caption Writing”.  ”. Jadikan tulisan-tulisan di dinding digitalmu menjadi lebih berwarna dan menarik!

18 February 2019

Introduction of Social Media M...

Akses internet saat ini sudah semakin mudah, bahkan di era digital ini, internet juga sudah menjadi kebutuhan. Apapun yang kita butuhkan dapat kita temukan melalui Internet, contohnya adalah informasi. Perkembangan teknologi mendorong perubahan cara penyampaian informasi, yang dahulu informasi hanya dapat kita temui di buku, koran, tv ataupun radio. Sekarang dengan adanya fenomena “media sosial”, informasi dapat tersebar luas di dinding-dinding digital dan dapat diakses hanya melalui genggaman.  

Media Sosial juga dapat menjadi platform untuk perusahaan maupun individu dapat memasarkan produk/jasa. Dunia industri yang semakin kompetitif mendorong pelaku usaha menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan “Brand”nya. Dengan banyaknya potensi audien di media sosial, maka banyak pelaku usaha yang menggunakan “Social Media Marketing”.

Binar merupakan sebuah studio yang fokus bergerak dalam bidang social media branding. Terdiri dari 4 orang dengan latar belakang pendidikan ITB FSRD dan STEI. Masing-masing memiliki passion terhadap visual dan terutama dalam bidang marketing khususnya Digital Marketing. Berpusat di Bandung Binar telah terlibat dalam beberapa proyek dengan klien Bandung dan Jakarta. Berikut adalah beberapa brand yang telah ditangani oleh Binar, Pakde (Warehouse Fulfillment), Sekolah Quantum Inti Indonesia, Heavensent, Tusk Bag,  Blckrose.

Dalam workshop ini, kita akan mengenalkan dan mempelajari strategi “Social Media Marketing” dalam Dunia Industri.

 

04 February 2019

Photography for Beginner - Min...

Visual adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah produk/karya karena visual menampakan gambaran/wujud yang bisa kita nilai dengan melihat. Fotografi adalah contohnya, fotografi dapat menampilkan visual suatu karya/produk. Bukan hanya sekedar dijadikan hobi, di era digital seperti saat ini, Fotografi sudah menjadi gaya hidup, dan menjadi aspek penting di dunia Industri, khususnya Industri Kreatif.

Dalam bidang industri, fotografi berperan penting untuk memberikan visual hingga memasarkan produk/karya yang dijual. Dengan berkembangnya teknologi, media sosial menjadi wadah/platform yang banyak digunakan untuk memasarkan produk. Dengan foto produk yang baik dan menarik dapat menjual produk dengan lebih cepat.

Andri Kurniawan merupakan seorang akademisi dan alumni magister desain ITB  jurusan desain dengan konsentrasi fotografi. Beliau memiliki banyak pengalaman sebagai fotografer professional di bidang fashion pada brand. Berikut adalah beberapa portfolio, Adeliapasha.s28, fotografer PUTRI INDONESIA RIAU 2018 dan fotografer untuk DeQueen KTV dengan brand ambassadornya Dewi Persik. Andri juga memiliki brand fashion sendiri serta studio fotografi.

Temukan bagaimana caranya menghasilkan foto yang “menjual” dan dapat “dijual” di workshop ini.

28 January 2019

Video Content for Social Media...

Di era digital seperti saat ini, teknologi berkembang semakin pesat. Sekarang, informasi dapat berbentuk apa saja, tidak terbatas hanya tulisan atau surat kabar. Poster, Iklan, Broadcast Message, Video di Social Media dapat menjadi sumber informasi. Video semakin banyak beredar dengan adanya berbagai Platform Social Media, contohnya YouTube.

Video sudah menjadi konten yang dinilai penting dalam kebutuhan informasi. Namun, masih banyak video yang beredar belum dapat menyajikan konten yang baik secara konten/isi maupun secara teknis.

Irwan Tarmawan, lahir dan besar di Bandung. Irwan merupakan alumni DKV STISI dan Magister Desain ITB. Memulai karir dari Advertising Agency, menangani berbagai Iklan televisi dan berbagai konten video hingga saat ini. Selaian sebagai praktisi, saat ini Irwan mengajar sebagai Dosen Tetap di DKV Unikom.

Dalam Workshop kali ini, kita akan mempelajari bagaimana membuat video yang baik dengan teknik kamera yang benar.
 

21 January 2019

Creative Writing - Mini-Class

Menulis adalah salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk mengungkapkan perasaan ataupun mendeskripsikan sesuatu dengan tujuan tertentu. Bermula dari kumpulan huruf yang merangkai satu kata, lalu rangkaian kata yang menjadi kalimat, hingga kumpulan kalimat yang menjadi suatu paragraf. Tidak hanya terbatas dalam buku, di Media Sosial, Blog, kita dapat menemukan beragam jenis tulisan yang dapat kita baca dengan tujuan mencari informasi maupun sekedar hanya menambah wawasan.
Bahkan baru-baru ini, merangkai kata dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Yang menjadi pertanyaan, Selain hanya menyajikan informasi bagi pembaca, Tulisan seperti apa yang dapat menarik perhatian untuk dibaca? Seberapa penting peran Copywriting dalam Industri?

Agustina Kusuma Dewi, dipanggil Ina (@inabicara). Ibu dari empat orang anak yang selain menjadi Dosen Tetap di DKV FSRD Itenas ini telah menerbitkan kumpulan cerita inspiratif berjudul Hot Chocolate For God (penerbit Cahaya Atma Yogyakarta); Novel ReMemoare', Batas…  dan Menikah Titik Dua (Grasindo), dan buku Non Fiksi di bawah Penerbit ITB. Naskah dramanya telah dipublikasikan oleh Penerbit Balai Pustaka, dan tahun 2018 Naskahnya yang berjudul ‘Blong(?/!)’ menjadi 1 dari 13 Naskah Terpuji Rawayan Award 2017 Dewan Kesenian Jakarta. Salah satu cerpen yang ditulisnya dipublikasikan dalam Antologi ‘Selendang Mayang’ AWWA (Asean Woman Writer Association) pada tahun 2017.

Mari Bersama meracik kata dan etika menulis di Sosial Media dalam Workshop “Creative Writing”. Jadikan tulisan-tulisan di dinding digitalmu menjadi lebih berwarna dan menarik!

15 January 2019

Introduction of Branding

Apa yang terbayang jika kamu mendengar kata Branding? Mungkin salah satunya yang terbayang dibenak kita adalah logo. Sebenarnya, branding bukan hanya logo, logo hanya salah satu unsur dari branding. Sebuah perusahaan memerlukan yang ingin menjual atau memasarkan produk/jasa pasti memerlukan brand agar dikenal oleh masyarakat.
Namun, masih banyak pelaku industri yang masih belum memahami pentingnya peran Branding di dunia Industri, serta banyak yang masih miskonsepsi tentang apa itu Branding. Di dunia industri yang semakin kompetitif, pelaku industri dituntut lebih peka dalam mengetahui apa yang menjadi masalah di masyarakat, dan memecahkan masalah dengan menciptakan suatu Produk/Jasa.


Agustina Kusuma Dewi, Dosen yang juga pemerhati Budaya Visual ini adalah Penulis yang telah menerbitkan buku-bukunya di bawah Penerbit berskala nasional seperti Balai Pustaka, Grasindo dan cukup aktif menulis di berbagai  media massa serta media  akademik. Saat ini tengah menjadi Pemimpin Redaksi Itenas Magazine, dan sedang merilis buku Bukan Ngobrol Biasa: Panduan Praktis Proses Komunikasi bagi Desainer yang direncanakan terbit pada Februari 2019. Beliau terlibat secara aktif dalam gerakan pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia melalui pola pikir kreatif, yang diinsiasi oleh @cmyk.id. Mengusung judul besar "How to brand your social media", kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap industri kreatif di kota Bandung.

Dalam workshop ini, kita akan akan memperkenalkan apa itu Branding dan Peran Branding dalam Dunia Industri dan kehidupan kita pada umumnya.

 

07 January 2019