Events

Video Content for Social Media...

Di era digital seperti saat ini, teknologi berkembang semakin pesat. Sekarang, informasi dapat berbentuk apa saja, tidak terbatas hanya tulisan atau surat kabar. Poster, Iklan, Broadcast Message, Video di Social Media dapat menjadi sumber informasi. Video semakin banyak beredar dengan adanya berbagai Platform Social Media, contohnya YouTube.

Video sudah menjadi konten yang dinilai penting dalam kebutuhan informasi. Namun, masih banyak video yang beredar belum dapat menyajikan konten yang baik secara konten/isi maupun secara teknis.

Irwan Tarmawan, lahir dan besar di Bandung. Irwan merupakan alumni DKV STISI dan Magister Desain ITB. Memulai karir dari Advertising Agency, menangani berbagai Iklan televisi dan berbagai konten video hingga saat ini. Selaian sebagai praktisi, saat ini Irwan mengajar sebagai Dosen Tetap di DKV Unikom.

Dalam Workshop kali ini, kita akan mempelajari bagaimana membuat video yang baik dengan teknik kamera yang benar.
 

21 January 2019

Creative Writing - Mini-Class

Menulis adalah salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk mengungkapkan perasaan ataupun mendeskripsikan sesuatu dengan tujuan tertentu. Bermula dari kumpulan huruf yang merangkai satu kata, lalu rangkaian kata yang menjadi kalimat, hingga kumpulan kalimat yang menjadi suatu paragraf. Tidak hanya terbatas dalam buku, di Media Sosial, Blog, kita dapat menemukan beragam jenis tulisan yang dapat kita baca dengan tujuan mencari informasi maupun sekedar hanya menambah wawasan.
Bahkan baru-baru ini, merangkai kata dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Yang menjadi pertanyaan, Selain hanya menyajikan informasi bagi pembaca, Tulisan seperti apa yang dapat menarik perhatian untuk dibaca? Seberapa penting peran Copywriting dalam Industri?

Agustina Kusuma Dewi, dipanggil Ina (@inabicara). Ibu dari empat orang anak yang selain menjadi Dosen Tetap di DKV FSRD Itenas ini telah menerbitkan kumpulan cerita inspiratif berjudul Hot Chocolate For God (penerbit Cahaya Atma Yogyakarta); Novel ReMemoare', Batas…  dan Menikah Titik Dua (Grasindo), dan buku Non Fiksi di bawah Penerbit ITB. Naskah dramanya telah dipublikasikan oleh Penerbit Balai Pustaka, dan tahun 2018 Naskahnya yang berjudul ‘Blong(?/!)’ menjadi 1 dari 13 Naskah Terpuji Rawayan Award 2017 Dewan Kesenian Jakarta. Salah satu cerpen yang ditulisnya dipublikasikan dalam Antologi ‘Selendang Mayang’ AWWA (Asean Woman Writer Association) pada tahun 2017.

Mari Bersama meracik kata dan etika menulis di Sosial Media dalam Workshop “Creative Writing”. Jadikan tulisan-tulisan di dinding digitalmu menjadi lebih berwarna dan menarik!

15 January 2019

Introduction of Branding

Apa yang terbayang jika kamu mendengar kata Branding? Mungkin salah satunya yang terbayang dibenak kita adalah logo. Sebenarnya, branding bukan hanya logo, logo hanya salah satu unsur dari branding. Sebuah perusahaan memerlukan yang ingin menjual atau memasarkan produk/jasa pasti memerlukan brand agar dikenal oleh masyarakat.
Namun, masih banyak pelaku industri yang masih belum memahami pentingnya peran Branding di dunia Industri, serta banyak yang masih miskonsepsi tentang apa itu Branding. Di dunia industri yang semakin kompetitif, pelaku industri dituntut lebih peka dalam mengetahui apa yang menjadi masalah di masyarakat, dan memecahkan masalah dengan menciptakan suatu Produk/Jasa.


Agustina Kusuma Dewi, Dosen yang juga pemerhati Budaya Visual ini adalah Penulis yang telah menerbitkan buku-bukunya di bawah Penerbit berskala nasional seperti Balai Pustaka, Grasindo dan cukup aktif menulis di berbagai  media massa serta media  akademik. Saat ini tengah menjadi Pemimpin Redaksi Itenas Magazine, dan sedang merilis buku Bukan Ngobrol Biasa: Panduan Praktis Proses Komunikasi bagi Desainer yang direncanakan terbit pada Februari 2019. Beliau terlibat secara aktif dalam gerakan pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia melalui pola pikir kreatif, yang diinsiasi oleh @cmyk.id. Mengusung judul besar "How to brand your social media", kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap industri kreatif di kota Bandung.

Dalam workshop ini, kita akan akan memperkenalkan apa itu Branding dan Peran Branding dalam Dunia Industri dan kehidupan kita pada umumnya.

 

07 January 2019